Selasa, 02 Februari 2010

URAIAN LENGKAP SKL UN 2010

FORMAT 1 : MATEMATIKA SMP/MTs

N0.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

URAIAN KEMAMPUAN YANG DIUJI

INDIKATOR (ALTERNATIF)

1

Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat

Ø Operasi hitung campuran bilangan bulat

Ø Soal cerita yang berkaitan dengan operasi bilangan bulat

Ø Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat

Ø Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan

Ø Konsep pecahan

Ø Urutan pecahan

Ø Operasi hitung campuran bilangan pecahan

Ø Soal cerita yang berkaitan dengan operasi pecahan

Ø Menentukan nilai pecahan dari gambar

Ø Mengurutkan beberapa bentuk pecahan

Ø Menentukan hasil operasi campuran pecahan

Ø Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan Perbandingan

Ø Skala gambar

Ø Perbandingan senilai

Ø Perbandingan berbalik nilai

Ø Menentukan salah satu dari jarak sebenarnya, skala, atau jarak pada gambar

Ø Menentukan luas sebenarnya

Ø Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan senilai atau berbalik nilai

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jual beli

Ø Jual beli

Ø Menentukan salah satu dari harga pembelian, harga penjualan, atau persentase untung/rugi

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi

Ø Perbankan dan koperasi

Ø Menentukan salah satu dari persentase bunga, waktu, atau besar uang setelah n bulan

Ø Menentukan besar angsuran setiap bulan pada koperasi

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan

Ø Gambar berpola

Ø Suku ke-n barisan bilangan

Ø Menyelesaikan soal tentang gambar berpola

Ø Menentukan rumus suku ke-n barisan bilangan

Ø Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan barisan bilangan

2

Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi,

sistem persamaan linear, serta

menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Mengalikan bentuk aljabar

Ø Perkalian bentuk aljabar

Ø Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar suku dua

Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar

Ø Operasi hitung bentuk aljabar

Ø Menentukan hasil operasi hitung bentuk aljabar

Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan

Ø Penyederhanaan bentuk aljabar dengan memfaktorkan

Ø Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar

Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel

Ø Persamaan linear satu variabel

Ø Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel

Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan

menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan

Ø Irisan dan gabungan dua himpunan

Ø Soal cerita berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan

Ø Menentukan irisan dua himpunan

Ø Menentukan gabungan dua himpunan

Ø Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi

Ø Relasi

Ø Menyatakan Relasi

Ø Fungsi

Ø Domain, kodomain dan range

Ø Rumus dan Nilai Fungsi

Ø Menentukan relasi yang menghubungkan dua himpunan

Ø Menentukan diagram panah/himpunan pasangan berurutan/diagram cartesius yang merupakan pemetaan/fungsi

Ø Menentukan domain/kodomain/range dari sebuah fungsi

Ø Menentukan rumus fungsi

Ø Menentukan nilai fungsi

Ø Menentukan nilai c jika rumus fungsi dan nilai f(c) diketahui

Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya

Ø Gradien

Ø Persamaan garis

Ø Grafik garis

Ø Menentukan gradien garis

Ø Menentukan persamaan garis

Ø Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan sejajar atau tegak lurus garis lain

Ø Menentukan grafik dari persamaan garis atau sebaliknya

Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

Ø SPLDV

Ø Soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV

Ø Menentukan penyelesaian dari SPLDV

Ø Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV

3

Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras

Ø Teorema dan Tripel Pythagoras

Ø Panjang sisi segitiga siku-siku

Ø Soal cerita yang berkaitan dengan teorema Pythagoras

Ø Menentukan bilangan-bilangan yang merupakan Tripel Pythagoras

Ø Menghitung panjang sisi pada segitiga siku-siku

Ø Menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan teorema Pythagoras

Menghitung luas bangun datar

Ø Luas lingkaran

Ø Luas segitiga

Ø Luas segiempat

Ø Luas gabungan beberapa bangun datar

Ø Soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun datar

Ø Menghitung luas lingkaran

Ø Menghitung luas segitiga

Ø Menghitung luas segiempat

Ø Menghitung luas gabungan beberapa bangun datar

Ø Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun datar

Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari

Ø Keliling lingkaran

Ø Keliling segitiga

Ø Keliling segiempat

Ø Soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun datar

Ø Menghitung keliling lingkaran

Ø Menghitung keliling segitiga

Ø Menghitung keliling segiempat

Ø Menghitung keliling gabungan beberapa bangun datar

Ø Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun datar

Menghitung besar sudut pada bidang datar

Ø Dua sudut berpenyiku dan dua sudut berpelurus

Ø Sudut pada segitiga dan segiempat

Ø Menentukan besar salah satu sudut yang saling berpenyiku/berpelurus

Ø Menghitung besar salah satu sudut pada segitiga/segiempat

Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis

berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.

Ø Dua sudut sehadap

Ø Dua sudut bertolak belakang

Ø Dua sudut dalam/luar berseberangan

Ø Dua sudut dalam/luar sepihak

Ø Menghitung besar sudut yang saling sehadap/bertolak belakang

Ø Menghitung besar sudut dalam/luar berseberangan

Ø Menghitung besar sudut dalam/luar sepihak

Ø Menghitung besar sudut yang saling berhubungan (sehadap, bertolak belakang, berseberangan, atau sepihak)

Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran

Ø Sudut pusat dan sudut sudut keliling

Ø Menghitung besar sudut pusat atau sudut keliling pada lingkaran

Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan

Ø Dua segitiga yang sebangun

Ø Soal cerita yang berkaitan dengan kesebangunan

Ø Menentukan perbandingan sisi pada dua segitiga sebangun

Ø Menghitung panjang sisi pada dua segitiga sebangun

Ø Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan kesebangunan

Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi

Ø Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen

Ø Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen

Ø Diberikan gambar yang memuat beberapa pasang segitiga kongruen, siswa dapat menentukan banyak pasangan segitiga kongruen

Ø Diberikan gambar dua segitiga kongruen, siswa dapat menentukan pasangan sisi atau sudut yang sama, jika unsur yang diperlukan diketahui.

Ø Diberikan gambar dua segitiga kongruen, siswa dapat menentukan syarat sehingga kedua segitiga itu kongruen

Menentukan unsur-unsur bangun ruang sisi datar

Ø Unsur-unsur bangun ruang sisi datar

Ø Siswa dapat menentukan menentukan banyak sisi, bidang diagonal atau diagonal ruang pada kubus atau balok

Ø Siswa dapat menentukan menentukan banyak rusuk atau sisi pada prisma atau limas

Menentukan jaring-jaring bangun ruang

Ø Jaring-jaring kubus dan balok

Ø Diberikan gambar rangkaian persegi, siswa dapat menentukan persegi yang merupakan alas bila tutupnya diketahui

Ø Diberikan gambar rangkaian persegipanjang, siswa dapat menentukan rangkaian yang merupakan jaring-jaring balok

Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

Ø Volume bangun ruang sisi datar

Ø Volume bangun ruang sisi sisi lengkung

Ø Siswa dapat menghitung volume kubus, balok, prisma, atau limas

Ø Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi datar

Ø Siswa dapat menghitung volume tabung, kerucut, atau bola

Ø Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi lengkung

Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

Ø Luas permukaan bangun ruang sisi datar

Ø Luas permukaan bangun ruang sisi lengkung

Ø Siswa dapat menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma, atau limas

Ø Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar

Ø Siswa dapat menghitung luas permukaan tabung, kerucut, atau bola

Ø Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi lengkung

4

Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

Ø Mean , median dan modus data tunggal

Ø Mean , median dan modus data pada tabel frekuensi

Ø Soal cerita yang berkaitan dengan nilai rata-rata

Ø Siswa dapat menghitung mean , median, atau modus data tunggal

Ø Siswa dapat menghitung mean , median, atau modus data tunggal pada tabel frekuensi

Ø Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan nilai rata-rata

Menyajikan dan menafsirkan data

Ø Diagram batang, lingkaran dan garis

Ø Siswa dapat menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram lingkaran, atau diagram garis

TIM MAT – 28 DES. 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar